Motto Pecinta Alam

jangan melempar apapun, kecuali pandanganmu
jangan membunuh apapun, selain waktu
jangan mengambil apapun, selain foto
jangan meninggalkan apapun, selain jejak kaki
Dilarang melakukan Vandalisme (mencoret coret, mengotori dll)

Save Our Nature

Don't throw away anything but your looks
Don't Kill anything but time
Don't take anything but pictures
Don't leave anything but footprints

Festival Serayu Banjarnegara 2013

Festival Serayu Banjarnegara, Pagelaran Akbar di Tahun 2013
Latar belakang Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah mengartikan pentingnya Sungai Serayu bagi masyarakat Banjarnegara. Sejarah Sungai Serayu sebagai pusat peradaban; Kondisi Sungai Serayu saat ini; Upaya Serayu sebagai ikon wisata; Konsep Water Front City; Upaya penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu; Mengoptimalkan potensi Serayu dari semua aspek (mitos, historis, sosial budaya, ekonomi, lingkungan dll); dan Pengenalan Serayu kepada Masyarakat Nasional dan Internasional.
Cakupan Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah Serayu dalam anti fisik (hulu, tengah, hilir, lembah air dan isi sungai baik makhluk hidup maupun mati); Serayu dalam manusianya yaitu orang – orang yang menghuni dan meggantungkan kehidupannya dari Sungai Serayu; dan Serayu dalam arti budayanya, sosial, ekonomi dan perilaku tradisionalnya, seni budaya dan pariwisata, pertanian dsb.
                                                                      EVENT

Event Festival Serayu Banjarnegara 2013 yang digelar selama sepekan (24–31 Agustus 2013) terdiri dari Event Inti dan Event Pendukung. Event inti meliputi: Parade Budaya, Pesta Parak Iwak, Gelar Seni, Serayu Expo, Banjarnegara Bershowalat dan Banjarnegara Hijau.
Sedangkan event pendukung meliputi : Lomba Foto, Pameran Lukisan, Pentas Musik, Fun Bike, Turnamen Golf, Lomba Blog Pariwisata, Lomba Masak serba Ikan, Gelar Film Indi, Kemah Bhakti Karang Taruna, Terabas Motor Trail, Serayu 10 km, Lomba Dolanan Anak, Gerak Jalan Gayeng dan Seminar Serayu.
PARADE BUDAYA (24 Agustus 2013)     Parade Budaya ini menampilkan potensi seni, budaya dan pariwisata serta produk ekonomi kreatif yang ada di bumi Banjarnegara. Parade Budaya ini akan dikemas secara spektakuler, antik, unik dan menarik. Event ini akan digelar di sepanjang Jalan Dipayuda Banjarnegara pada 24 Agustus 2013 setelah Pembukaan Festival Serayu Banjarnegara 2013 oleh Menteri Koordinasi Bidang Ekuin Ir. Hatta Rajasa dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. Mar’ie Elka Pangestu
PESTA PARAK IWAK (26 – 27 Agustus 2013)
    Pesta Parak Iwak merupakan sebuah bentuk pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar Kali Serayu khususnya masyarakat Banjarnegara yang telah merasakan betapa besar “peran” Kali Serayu sebagai nadi hidup dan berkembangnya cipta, rasa dan karsa masyarakat Banjarnegara dalam kemajuan baik ekonomi, sosial dan budaya dapat dicapai sebagaimana dirasakan sekarang ini. Perwujudan dari kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk nguri – uri, merawat dan melestarikan dan sekaligus rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pesta Parak Iwak diawali prosesi pengambilan “Ulam Sari Tirta Nyawiji” dari telaga – telaga di Dataran Tinggi Dieng (Telaga Balekambang, Telaga Merdada, Telaga Sewiwi, Sendang Sedayu, Telaga Pengilon, Telaga Warna dan Telaga Cebong). Ulam Sari Tirta Nyawiji ditempatkan dalam bokor “Tumus
Pandeleng Ing Manah” kemudian dikirab melalui Kota Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu dan disemayamkan di Madukara.
    Hari berikutnya Ulam Sari Tirta Nyawiji dikirab ke Sungai Serayu kemudian dilarung. Gelaran Parak Iwak itu dikemas secara apik, kreasik, unik dan akrab. Para wisatawan dapat ikut kegiatan gogoh iwak, makan bareng seribu tumpeng sambil menikmati hiburan seni budaya Banjarnegara.  
GELAR SENI (24 – 31 Agustus 2013)
    Gelar Seni Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah merupakan ajang hiburan kesenian rakyat yang digelar selama sepekan mulai pagi, siang hingga malam hari. Event tersebut menampilkan semua potensi seni dan budaya  yang ada di bumi Banjarnegara yang diolah secara apik, menarik dan artistik yang dikemas oleh para seniman dan seniwati Banjarnegara. Kesenian rakyat tersebut digelar di Alun – alun Banjarnegara, Taman Kuliner, Stadion Kolopaking dan TRMS Serulingmas.
SERAYU EXPO (28 – 31 Agustus 2013)
    Serayu Expo adalah gelaran produk ekonomi kreatif tingkat Jawa Tengah yang menampilkan hasik karya industri kreatif anak bangsa (Industri Publikasi, Industri Seni Budaya, Industri Musik dan Seni Pertunjukan, Industri Aneka Kerajinan dan Barang Seni, Industri Desain, Industri Kreatif dengan Muatan Teknologi dll. Ajang pameran tersebut dilengkapi pula dengan aneka produk UMKM, Produk pertanian, perikanan, peternakan, aneka olahan menu kuliner non beras dan bursa tenaga kerja. Di tempat expo juga ditampilkan berbagai hiburan yang dikemas cantik untuk wisatawan.
BANJARNEGARA BERSHOLAWAT (31 Agustus 2013)
    Banjarnegara Bersholawat adalah merupakan event akbar spiritual berupa sholawat massal bersama Syech Habib Abdul Khadir Assegaf. Gelaran ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Hidayah dan Inayah yang diberikan kepada rakyat Banjarnegara sekaligus berdoa agar selalu diberikan kekuatan lahir bathin dalam mengarungi kehidupan ke depan untuk lebih baik lagi. Para wisatawan dapat ikut bergabung dalam acara Banjarnegara Bersholawat di Alun – alun Kota Banjarnegara.
BANJARNEGARA HIJAU (31 Agustus 2013)
    Banjarnegara Hijau adalah merupakan event penanaman pohon di komplek TRMS Serulingmas. Event ini dikemas secara khusus menjadi paket tanam pohon massal bernuansa seni dan budaya. Sejumlah artis nasional diundang untuk meramaikan event akbar ini. Para wisatawan dapat ikut menanam pohon sambil berdendang.

EVENT PENDUKUNG
l    Lomba Foto Tingkat Nasional  (24 – 31 Agustus 2013)
l    Pameran Lukisan  (24 – 31 Agustus 2013)
l    Pentas Musik  (24 – 31 Agustus 2013)
l    Fun Bike  (1 September 2013)
l    Turnamen Golf  (25 Agustus 2013)
l    Lomba Blog Pariwisata  (24 – 31 Agustus 2013)
l    Lomba Masak serba Ikan  (26 Agustus 2013)
l    Gelar Film Indi  (24 – 31 Agustus 2013)
l    Kemah Bhakti Karang Taruna  (30 – 31 Agustus 2013)
l    Trabas Motor Trail  (31 Agustus 2013)
l    Serayu 10 Km (31 Agustus 2013)
l    Lomba Dolanan Anak  (27 – 28 Agustus 2013)
l    Seminar Serayu (27 Agustus 2013)
l    Gerak Jalan Gayeng (29 Agustus 2013)

sumber : suarajateng.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar